"Bunian" Sosok Misterius "Pencuri" Padi Petani

Mendapat hasil panen yang mmelimpah merupakan tujuan bahkan impian besar bagi para petani umumnya. Namun apa jadinya apabila harapan mencapai hasil panen yang melimpah ruah malah kegagalan yang didapat. tak ayal apapun akan dilakukan demi melimpahnya hasil yang diperoleh. mulai dari hal yang logis sampai hal yang menurut kebanyak orang tidak masuk akal mereka lakukan.
Setelah lebih kurang 3 Bulan menunggu dan merawat padinya, betapa malangnya para petani ini, hanya karena mainan anak-anak mereka harus menanggung pilu karena gagal panen. selain kerugian tenaga, kerugian materipun tak bisa dielakkan.
Mainan yang menyebabkan kegalan panen para petani adalah " Sirune "
mainan ini terbuat dari batang padi bagian bawah yang beruas.

Menurut kepercayaan masyarakat disana, sebelum semua padi menguning tidak ada yang boleh meniup mainan ini. konon katanya, jika ada yang meniup " Sirune " ini, semua padi yang ada di sawah akan di "ambil" oleh Bunian ( Mahluk halus ) yang berada dihutan. 
Tempat tinggal Bunian menurut meraka berada di gunung-gunung. Jika suara "Sirune" terdengar, meraka akan tau kalau di sawah sedang banyak padi dan dengan bergerombol mereka (Bunian) akan membawa padi-padi petani ke gunung. 

Namun kepercayaan ini sudah ditinggalkan oleh para petani seiring perkembangan Zaman. Ritual-ritual mistis yang dulu mereka lakukan untuk menjaga padi mereka sudah tidak dilakukan dan menggantinya dengan yang logis. 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi Sobat yg mau berkomentar tapi tidak mau namanya muncul di komentar silahkan pilih "Beri komentar Sebagai : Pilih (Anonymous)"